27.8.10

Undescended Testis

Gak pernah terbayangkan dalam hidup gw kalo gw bakal menghadapi kenyataan anak gw harus menjalani yang namanya operasi. Tapi ternyata dalam perjalanan hidup ini, gw harus menguatkan hati bahwa anak gw mau tidak mau harus menjalani operasi ini. Jadi ceritanya seminggu sebelum puasa yang lalu my cute son -Kenzie- harus menjalani operasi undescended testis. Apa sihh undescended testis itu??? Jadi, dari awal dia lahir pas pertama kali diperiksa oleh DSA beberapa menit setelah lahir, Kenzie didiagnosa mengalami undescended testis, yaitu salah satu testisnya belum turun kedalam kantong skortum. Untuk kasus kenzie yang belum turun adalah testis sebelah kanan. Waktu itu DSA nya cuma bilang bahwa tidak ada yang bisa dilakukan saat ini kecuali menunggu sampai umur 9 bulan. Karena untuk beberapa kasus, ada yang testisnya turun sendiri secara alami sebelum umur 9 bulan. Jadi waktu itu DSA nya hanya menyarankan untuk banyak doa aja semoga si testis ini bisa turun sendiri.

Jadilah setiap konsul ke DSA pas imunisasi, DSAnya selalu ngecek apa udah turun atau belum. Dan akhirnya sampai umur 9 bulan ternyata testis itu gak turun juga. Akhirnya dirujuklah ke DSA subspesialis endokrin, Dr. Bambang Tridjaya, di RS Hermina Jatinegara. Browsing sana sini ternyata emang Dr. Bambang Tridjaya ini pakarnya urusan endokrin a.k.a pokoknya yg berhubungan dengan hormon pertumbuhan gitu deh.
Pas konsul kesana, setelah dicek sebenarnya posisi testis Kenzie sudah dekat dengan kantong skortumnya. Alhasil disarankan waktu itu untuk terapi suntik hormon sebanyak 10 kali. Harga obatnya lumayan mahal....sekitar Rp. 200 ribu sekian *lupa pastinya* untuk 1 ampulnya. Jadi untuk 10 kali suntik ya sekitar Rp. 2 juta sekian lah....untuk obatnya aja. Untuk dokternya dengan tarif sekali konsul sekitar Rp. 165 ribu, so untuk 10 kali konsul sekitar Rp. 1,6 jutaan. Pokoknya total2nya abis sekitar 4 jutaan lah untuk terapi hormon ini.
Gw sangat berharap terapi ini bisa berhasil, jadi kenzie gak perlu yang namanya dioperasi. Karena option selanjutnya adalah operasi kalau dengan terapi hormon ini tidak berhasil.
Terapi suntik hormonnya baru bisa dilakukan waktu kenzie umur 1 tahun lebih...sekitar 13 bulan kalo gak salah. Karena obat hormonnya itu pernah sulit didapat karena memang gak ada stoknya. Dan dokternya juga gak mau kalo gak langsung dapet 10 ampul, karena terapi hormon ini harus dilakukan secara kontinue seminggu 2 kali. Alhasil setelah menunggu 3 bulan baru deh dapet tuh obat.
Dan dimulailah periode menyakitkan buat kenzie karena dia harus menjalani suntik hormon selama 10 kali yang dilakukan seminggu 2 kali suntik. Kasian bangettt liat kenzie sampe trauma sama tuh dokter....Baru masuk ruangan dokternya aja udah nangis2 gak karuan...:(.
Setelah 10 kali suntik ternyata si testis ini belum turun juga ke tempat semestinya. Padahal biasanya suntikan ke-7 udah bisa membuat si testis masuk ke kantongnya. Akhirnya disarankan untuk tunggu 1 bulan buat lihat hasilnya. Setelah 1 bulan ternyata memang si testis gak masuk2 juga ke kantongnya. Harusnya setelah 1 bln gw harus bawa lagi ke dr Bambang...tapiii...bayangan seramnya operasi bikin gw berusaha cari cara lain dulu. Akhirnya berkenalanlah gw dengan terapis self healing...metode yang dipopulerkan oleh Reza Gunawan, suaminya penulis Dewi Lestari itu loh...
Pokoknya singkat kata gw bawalah anak gw buat terapi healing itu seminggu sekali selama 1 bln. Gw memang cuma menargetkan 1 bln, meskipun terapis itu selalu bilang bahwa hasilnya tidak selalu langsung keliatan. Tapii...gw juga gak mau gambling, karena gw juga berpacu dengan waktu sementara belum ada jaminan bahwa dengan healing ini pasti berhasil. Yah, gw cuma mencoba berikhtiar mencari jalan selain operasi. Walaupun suami gak terlalu sreg dengan healing ini dan sempet bikin kita berdebat panjang, tapi dia setuju juga mencoba metode ini.
Setelah 1 bln dihealing, belum ada hasilnya jg. Akhirnya disepakati tunggu 1 bln lagi, kalo belum ada hasil juga so keputusan ada di tangan gw.
Dan ternyata 1 bln berlalu lagi dan tidak ada perubahan pada testis kenzie. Akhirnya dengan berat hati gw bawa lagi ke dr. Bambang Tri, dan keputusannya minggu depannya dioperasi karena sudah tidak ada jalan lain selain operasi. Akhirnya gw memang harus menghadapi kenyataan ini meskipun jujur gw takut setengah mati. Tapi dr Bambang dan dr anestesi menjelaskan bahwa operasi ini termasuk operasi kecil kok...insyaallah aman...

6 komentar:

  1. Salam hangat, Hal ini jg terjadi pada my lovely son, so.. aq th banget rasanya, hanya saja aq blm ambil keputusan buat operasi.. masih takut.. Trus sekarang gmn keadan Kenzie?? Bagi pengalaman dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Niza....
      Bagaimana kabar putranya? Maafkan gak sempat membalas koment mbak secara ini blog mati suri aja gitu hampir setahun lebih...:)

      Hapus
  2. Anak saya jg mengalami udt umrnya skrg 25 bln mau dibawa ke dokter endokrin.saya domisili di karawang dsa merujuk ke rs.hermina bekasi.kira 2 msh bs diterapi ga ya..klo dioperasi brp kira2 biayanya mbak?
    Pasca operasi testis anak mbak sudah kmbali normal ya..
    Trimakasih sharingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbaj baru bales......blognya udah lama berdebu soalnya gak disentuh-sentuh....hehehe....Kl masalah terapi, dokter ahli endokrin yang bs nentuin masih bisa diterapi atau harus dioperasi. Mengenai biaya operasi, tergantung tipe kamar yang diambil mbak. Emang cuma One Day Care sih. Kemarin biaya operasi Kenzie kurang lebih 15 jutaan lah ya..

      Hapus
  3. Anonim17.3.14

    Mba Lucy bisa minta emailnya gak ( ngarep banget ), butuh info banyak ne tentang UDT, saya lagi bimbang banget, tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorryyy banget baru buka......email sy di lucy_setiawan@yahoo.com

      Hapus