8.10.10

Operasi


Lanjut dari cerita problem undescended testis nya kenzie. Akhirnya setelah konsultasi terakhir dengan dr Bambang Tridjaya, diputuskan untuk operasi tanggal 2 Agustus 2010 jam 2 siang. Tadinya sebenernya dijadwalin tgl 26 Juli 2010...tapiii tau gak ternyata kenzie kena mumps...:(..Oalah nak, ada-ada aja sih...Akhirnya dipendinglah 1 minggu sampe bener2 sehat. Akhirnya tgl 2 Agustus kenzie ngejalanin operasi undescended testis. Dokter bedahnya dengan dr. Sastiono...Sempet browsing sana sini, ini dokter emang udah tinggi banget jam terbangnya..udah beberapa kali nanganin operasi bayi kembar siam.Apalagi nanganin operasi undescended testis mah udah gak keitung kali seringnya..Sempet ngerasa agak gimana gitu sama dokter ini, bukan ngeraguin kemampuannya tapi lebih karena si pak dokter ini agak galak...hihihi....jadi agak takut mo ngomong sama dia. Tapi karena ngeliat track recordnya yang oke sebagai spesialis bedah anak, so lanjutt dahhh....

Senin tgl 2 agustus, mulai jam 9 kenzie udah puasa gak boleh makan dan minum....boleh minum tapi cuma air putih. Jam 11 udah jalan ke RS Hermina Jatinegara karena jam 12 udah harus sampe sana. Sampe sana ngurus adminnya sempet agak lama karena masalah kamar yang awalnya kita book tapi udah penuh. Sempet bikin emosi jiwa karena mesti eyel2an gara2 mbak2 bagian informasi yang waktu itu nerangin ke kita ternyata apa yang diterangin ke kita itu salah. Dan gw ngotot dong, lah pokoknya pegangan gw ya yang waktu itu diterangin ke kita. Setelah bla bla bla...akhirnya kelar juga urusan admin.
Akhirnya nunggu di ruang tunggu kamar operasi sampe jam 2...Kenzie udah mulai kehausan dan laper karena udah ngelewatin jam makan siangnya jadinya agak rewel. Sampe2 kakak sila kalo mo minum or ngemil mesti ngumpet2 takut adiknya liat...:(. Tunggu ditunggu eh lha kok udah jam 2 lebih belum dipanggil2 juga masuk kamar operasi. Nanya susternya katanya dokternya belum dateng...ealah...Kenzie makin rewel karena laper, haus plus ngantuk. Akhirnya jam setengah 4 kurang dipanggilah masuk ke ruang operasi. Gw gendong kenzie yang langsung nangis begitu masuk ruang steril...nangis heboh banget waktu digantiin baju operasi...duhhh hati gw rasanya trenyuh sekali ngeliat anak gw mau dioperasi. Setelah ganti baju operasi, gw disuruh bawa kenzie ke ruang operasi. Dan gw disitu sampe kenzie dibius, begitu udah pingsan baru deh gw disuruh keluar.
Nunggu di ruang tunggu sambil dag dig dug...gw banyak2 dzikir supaya kenzie diberi kekuatan sama Allah. Si ayah tiba2 bilang mo ke gedung hermina sebelah bentar ya...Ya wislah gpp, toh operasinya mungkin masih setengah jam an lagi. Eh ternyata begitu si ayah pergi, ada panggilan dari ruang operasi supaya ayah dari anak kenzie masuk ke ruang operasi. Walah gw jadi panik.com...buru2 masuk dan bilang ke suster kalo ayahnya lagi keluar ruangan. Karena gak bisa nunggu lama2, akhirnya gw lah yang masuk ke ruang operasi. Dannnn......gw masuk ke ruang operasi dimana anak gw lagi dibelek perutnya bagian bawah, keliatan kayak usus2 gitu...Omaigot...untungnya gw gak pingsan ya...Gw kuat cuma gw berasa kayak orang bego aja. Jadi si dokter bedahnya mau nerangin ke gw ini loh testis yang belum turun itu. Kondisi testisnya emang lebih kecil bila dibandingkan dengan testis yang sudah ada di kantongnya. Tapi so far sih meskipun lebih kecil tapi kondisinya sehat dan baik..tidak ada kerusakan. Alhamdulilah. Ya wis..akhirnya setelah nerangin gitu, gw disuruh keluar lagi.
Jam 5-an sore akhirnya operasinya selesai. Gw dan suami dipanggil masuk ke ruang pemulihan. Kenzie udah dipindah ke ruang pemulihan. Dia masih tertidur pulas...ah anakku sayanggg....cepat sembuh ya nak...
Semalaman itu Kenzie agak rewel....mungkin efek obat biusnya udah mulai hilang. Jadi bentar2 nangis...bentar2 nangis....Baru bisa tidur agak pules sekitar jam 4 pagi, dan baru bangun sekitar jam 7an. Bangun tidur udah agak mendingan, gak terlalu rewel meskipun keliatan masih agak lemes. Cuma mau makan bubur sedikit, tapi susu mau. Udah minta jalan2 keluar kamar, dan gw perhatiin kayaknya Kenzie gak ngerasain sakit bekas operasinya. Memang 3x sehari dikasih parasetamol buat ngilangin rasa sakitnya. Siangnya udah diijinin pulang sama dokter bedahnya....alhamdulilah..
Proses recoverynya cuma selama seminggu, dan selama seminggu itu aktivitas Kenzie ya seperti biasa sebelum operasi....pecicilan abis, lari sana sini...Sampe2 kita yang malah kuatir takut jahitannya kenapa2. Hari sabtunya sih sempet perbannya terbuka...langsung deh gw bawa ke UGD RSIA deket rumah buat ganti perban. Pas diganti perban sebenernya udah keliatan bekas jahitannya udah kering, cuma karena jadwal kontrol ke dokter bedahnya masih hari senin jadi tetep aja gw minta dipasangin perban anti airnya.
Seninnya, seminggu persis setelah operasi kita kontrol ke dr. Sastiono...alhamdulilah dicek kondisinya bagus semua....thanks GOD....

1 komentar:

  1. kalao boleh, saya hendak diskusi masalah undensceded testis ini japri.. mohon emailnya ke ardian.shah@kpi.co.id

    BalasHapus