14.2.12

Strabismus dan Ambliopia (Lazy Eye) >> Part 1

Mengenal kata-kata ini setelah anak gw mengalaminya *lihat di postingan sebelumnya*. Mo sharing disini, barangkali ada yang mempunyai problem yang sama dengan anak gw jadi kita bisa sharing ya.

Strabismus a.k.a Mata Juling*

Source : Brosur Jakarta Eye Center


Strabismus a.k.a mata juling adalah kondisi mata dimana kedua mata tidak tertuju pada satu obyek sehingga satu mata lurus ke depan dan mata lainnya menyimpang dari posisi yang seharusnya.
Keadaan ini bukan hanya terjadi pada anak-anak namun dapat ditemukan pada berbagai usia baik pria maupun wanita. Juling bersifat keturunan, namun meskipun tidak ada riwayat di dalam keluarga, juling dapat terjadi.
Mata juling dapat bersifat horizontal, yaitu satu mata kedalam atau satu mata keluar. Dapat juga bersifat vertikal yaitu satu mata lebih tinggi atau lebih rendah dari mata yang lain.

Source : Brosur Jakarta Eye Center

Juling dapat bersifat konstan, yaitu tampak setiap saat, atau timbul pada keadaan-keadaan tertentu, seperti saat anak sakit, bengong, atau lelah. (ini yang terjadi pada kasus anak gw)

Pada juling konstan, ada 3 hal yang bisa terjadi :
1. Ambliopia atau mata malas
Bila anak menderita juling yang konstan matanya yang menyimpang umumnya tidak digunakan untuk melihat dengan baik. Hal ini mengakibatkan mata tersebut mengalami penurunan tajam penglihatan (mata malas / lazy eye)

2. Penglihatan Binokular buruk
Penglihatan binokular adalah kemampuan mata untuk melihat kedalaman (depth perception) atauv 3 dimensi (3D = stereovision). Untuk mencapai kemampuan ini maka harus ada kerjasama yang harmonis antar kedua mata yang tertuju pada satu objek yang menjadi pusat perhatian.
Anak yang juling konstan tidak memiliki penglihatan binokular atau penglihatan tiga dimensi.

3. Posisi Kepala Abnormal
Beberapa anak yang juling merubah posisi kepala (Abnormal head posture) agar dapat mempertahankan kedudukan kedua mata tetap lurus tertuju pada objek yang menjadi pusat perhatian.
Misalnya kepala miring atau memalingkan wajah (face turn/tilt/lift)

Terapi / Pengobatan
Terapi anak dengan juling terdiri dari 2 bagian :
1. Bila ditemukan ambliopia atau mata malas maka harus diatasi terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan menutup mata yang baik untuk memaksa anak menggunakan matanya yang malas (terapi oklusi atau patching).
Bila tajam penglihatan pada mata yang menyimpang sudah menjadi normal, maka anak telah menggunakan kedua mata secara seimbang dan juling akan terlihat bergantian pada kedua mata.

2. Bila penglihatan mata yang malas telah membaik, baru dilakukan operasi juling untuk mengembalikan kedudukan bola mata. Diharapkan peluang berkembangnya penglihatan binokular juga tercapai bila juling ditangani pada anak usia dini.

Pada anak dengan juling konstan, operasi juling sebaiknya dilakukan bila penglihatan kedua mata telah seimbang sehingga penglihatan binokular dapat berkembang.
Pada anak yang juling hilang timbul, operasi juling tidak harus dilakukan segera karena anak masih memiliki penglihatan binokular pada sebagian waktu, yaitu saat anak tidak terlihat juling.

Pada orang dewasa, bila juling telah terjadi sedemikian lama (sejak kecil) dan tidak mungkin mendapatkan penglihatan binokular maka operasi dilakukan untuk tujuan memperbaiki penampilan (kosmetik).

Sebagian juling juga terjadi akibat adanya kelainan refraksi (hiperopia atau miopia) yang tidak dikoreksi. Kacamata kadang-kadang dapat mengurangi juling atau menghilangkan kebutuhan akan operasi juling. Setiap anak dengan juling harus dicek keadaan mata dan kelainan refraksinya. Bila diberikan kacamata, harus dipakai sepanjang hari untuk membantu meluruskan matanya.

Source : Brosur Jakarta Eye Center

Bila kacamata tidak dapat menghilangkan juling sepenuhnya maka operasi juling perlu dilakukan untuk menghilangkan juling yang belum terkoreksi.

* Source : Brosur dari Jakarta Eye Center

Jakarta Eye Center
Jl. Cik Di Tiro No. 46, Menteng
Jakarta 10310
Ph.   (021) 3193 5600, 310 7434
Fax. (021) 390 4601

tentang Ambliopia atau Lazy Eye atau Mata Malas akan diposting berikutnya........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar